Minggu, 11 Desember 2011

Laporan penelitian di tempat kursus bahasa inggris

MAKALAH
KEWIRAUSAHAAN
Laporan penelitian di tempat kursus bahasa inggris
Dosen pembimbing :Wella sandria.SE.MSI

Disusun oleh:
Hamlan
Siti afsah
Vita riskiana
Miftahul jannah

FAKULTAS SASTRA DAN KEBUDAYAAN ISLAM
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INGGRIS
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI
2011




KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah swt, berkat rahmat dan hidayah-Nya yang telah memberikan petunjuk dan kekuatan-Nya sehingga kami (penulis) dapat menyelesaikan makallah kewirausahaan
Dan tidak lupa solawat beriring salam kami curahkan kepada junjungan kami Nabi besar Muhammad saw yang telah memberikan sinar kedamaian dan keimanan bagi seluruh umat manusia.
Alhamdulillah kami dapat menyelesaikan makallah untuk tugas dengan judul laporan penelitian di tempat kursus bahasa Inggris
Kami juga mengucapkan terima kasih kepada :
1. Kedua orang tua yang telah berjasa memberikan motivasi dan modal demi terangkainya makallah ini.
2. Dosen pembimbing yang telah memberikan petunjuk dan bimbingan dalam penyusunan makallah ini.
3. Dan semua pihak yang terlibat membantu dalam penyelesaian makallah ini.
Kami menyadari bahwa dalam pembuatan makallah ini , masih jauh dari kesempurnaan dan masih banyak kekurangan baik dari segi penulisan dan penyusunan.

Jambi,15 november 2011


Penulis




DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR 2
DAFTAR ISI 3
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 4
B. Rumusan masalah 4
C. Tujuan 4
BAB II PEMBAHASAN
A. Profil usaha 5
B. Rincian dan sistematis pengajaran 5
C. Wacana bisnis .. 7
D. Promosi.....................................................................................................7
E. Inovasi.......................................................................................................7
F. Keunggulan dan kelemahan......................................................................8
G. Strategi persaingan....................................................................................8
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan 9









BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar belakang
Di era globalisasi ini untuk meningkatkan pendidikan di bangku sekolah maupun perguruan tinggi tidak cukup sampai di situ saja, maka dari itu membutuhkan suatu lembaga- lembaga yang dapat membantu dalam hal meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan baik alam mapun sosial.

Dalam hal ini kami memberikan suatu pemaparan mengenai lembaga kursus seperti yang di lakukan oleh syahrul khairi dalam mendirikan lembaga kursus seperti Planet English Course.

2. Rumusan masalah
Adapun beberapa masalah yang di bahas dalam makalah ini di antaranya :
1. Bagaimana profil usaha Planet English Course ?
2. Apa tujuan mendirikan Planet English Course ?
3. Siapa pendiri Planet English Course ?

4. Tujuan

Makalah ini di buat dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana berwirausaha kursus seperti di Planet English Course dan dapat menambah wawasan agar memacu diri untuk berwirausaha.




















BAB II
PEMBAHASAN

A.Profil usaha
Seperti yang dilakukan oleh syahrul khairi dalam merintis usaha yang sudah dikatakan pada zaman ini menjamur. Beliau sebagai pendiri lembaga kursus planet English yang didirikan pada tanggal 1 juni 2011 beralamatkan dijalan KS Tubun Rt 06 Rw 02 no.7, depan asrama kompi senapan C, Sungai Kambang, Jambi.
Adapun syahrul khoiri sebagai pendiri lembaga kursus ini adalah seorang dosen di salah satu perguruan tinggi negeri di jambi. Beliau memang basic pengajarannya adalah bahasa Inggris yang merasa tertantang untuk membuka peluang bisnis ini. Karena beliau mengadopsi cara pengajaran di Pare (jawa) atau yang lebih dikenal dengan kampung Inggris kemudian dibawa ke usaha yang dirintisnya. Terbilang sangat baru, sekitar 5 bulan, tetapi sudah lumayan berkembang dalam segi pengajaran dan ilmu yang diberikan.
Melihat lokasi dimana tempat kursus ini berdiri lumayan strategis, karena tidak terlalu jauh dari jalan raya. Walaupun begitu, konsep yang diambil adalah rilex dan menyenangkan. Disini beliau ingin membuat para muridnya tidak terkekang dengan harus duduk di kursi. Dengan kata lain, lembaga kursus ini ingin membuat siapa saja belajar dengan mudah seperti slogannya: Habit make it easy...don’t waste the time.
B. Rincian dan sistematis pengajaran
Lembaga kursus ini tidak menargetkan secara khusus, tetapi dibuka untuk semua jenjang pendidikan Seperti SD, SMP, SMA, Mahasiswa dan umum. Dengan jumlah siswa yang ada adalah 18 orang. Terdiri dari 11 orang mahasiswa, 3 orang siswa SMA , 2 orang siswa SMP dan 2 orang siswa SD (dalam kurun waktu sekitar 5 bulan).

Adapun produk jasa yang ditawarkan adalah :
1. Program vocab / kosakata 1.
Mulai pukul 14.20-15.50 dengan durasi 8 kali pertemuan selama 1 bulan, biaya yang dibebankan adalah Rp 75.000.
Program ini di desain bagi para pemula yang ingin memperkaya perbendaharaan kosakata tentang daily vocabularies. Dalam program ini pun akan diberikan 40 vocab setiap pertemuan.
2. Program vocab/ kosakata 2.
Sama seperti vocab 1, hanya saja vocab 2 adalah lanjutan dari vocab 1, pada vocab 2 meliputi ESP kesehatan, politik, keagamaan dan lain-lain.



3. Program speaking 1.
Mulai pukul 14.20-15.50 dengan durasi 16 kali pertemuan selama 2 bulan, dengan biaya yang dibebankan Rp 180.000. disini peserta didik mampu memahami dan berkomunikasi khususnya keseharian dan meningkatkan kepercayaan diri.
4. Program speaking 2.
Sama halnya seperti speaking 1, hanya saja speaking 2 merupakan lanjutan dari speaking 1. Disini lebih ditekankan pada peningkatan self confidence, debates, presentation dan main mapping.
5. Program holiday (liburan)
Mulai dari pukul 08.00-09.30 dengan durasi 10 kali pertemuan selama 2 minggu dengan biaya yang dibebankan Rp 120.000. tetapi, dengan materi yang padat dan didesain dengan sistem pembelajaran yang menyenangkan, serta out door class, sehingga mempermudah siswa untuk memahami apa yang disampaikan. Pokok yang diajarkan adalah speaking dan grammar.
6. Program private grammar.
Waktu disesuaikan dengan kesepakatan antara siswa dan tutor. Dengan 18 kali pertemuan dan biaya 1 orang Rp 400.000, 2 orang Rp 350.000, dan 3 orang Rp 300.000.
Materi yang disampaikan berupa :
- Helping program 1 (HP 1)
Part of speech dan verbal-nominal.
- Helping program 2 (HP 2)
Part of speech 2 dan fungsi 6 tenses dasar
- Helping program 3 ( HP 3)
Fungsi perfect tense dengan konsep 2 kejadian
- Helping program 4 (HP 4)
Pasive voice, causative verb, tag question, direct-indirect speech
- Helping program 5 (HP 5)
Modal, conclusion = possibility dan imposibility
Spontaneity = wishes, ability, dll.
- Helping program 6 (HP 6)
Conditional sentences = eliptic, omitting, if, mixed, time, variasi tenses, variasi modal
Degree of comparison = positive, comparative, superlative.
- Helping program 7 (HP 7)
Adjective clause dan noun clause
- Helping program 8 (HP 8)
Adverbial clause
- Helping program 9 (HP 9)
Gerund, to infinitive dan participle
7. Program English for elementary school step 1 /5
Mulai pukul 08.00-09.30 (waktu bervariasi) dengan durasi 16 kali pertemuan selama 2 bulan Rp 180.000. pelajaran disesuaikan dengan peserta didik, mengingat mereka masih sekolah dasar.



Dengan jadwal belajar : senin dan rabu
Selasa dan kamis
Jum’at dan sabtu

Tenaga pengajar terdiri dari 3 orang sekaligus yang diketuai oleh syahrul khoiri, sekretaris oleh fadhil, dan bendahara oleh siti afsah. Mereka pengajar yang merangkapsebagai struktur managerial, dikarnakan kurangnya tenaga pengajar di English course ini.
C. Wacana Bisnis
Dengan menjamurnya lembaga kursus bahasa inggris, baik yang terkenal ataupun yang tidak, ini memberikan suatu peluang yang sebenarnya menjanjikan, namun bisa juga tidak karena dibutuhkan suatu hal yang berbeda yang membawa dampak positif untuk para pengguna jasa yang di tawaran.
Maka dari itu Planet course memberikan suatu hal yang berbeda agar pengguna jasa tertarik dan sama-sama memberikan keuntungan bagi pemberi dan pengguna jasa. Seperti dengan adanya tutorial, tempat yang nyaman karena out door, dan lain-lain. Karena itulah pendiri yakin akan dapat memajukan usahanya ini. Selain perbedaan pengajaran juga melihat dari pangsa pasar bahwa bahasa Inggris adalah bahasa yang dibutuhkan semua orang karena bahasa Internasional. Namun, sukses atau tidaknya juga tergantung dari tekad dan niat serta inovasi yang diberikan sekanjutnya.
D. Promosi
Tentu bukan hal yang mudah untuk memperkenalkan suatu hal yang baru agar dapat dikenal oleh semua orang. Seperti pada Planet course ini agar dapat dikenal atau diketahui khalayak ramai yang dilakukan tentu mempromosikannya walaupun promosi yang dilakukan tidaklah gembar-gembor hingga ditayangkan di TV. Planet course awalnya di promosikan oleh syahrul khoiri sendiri dari kelas ke kelas tempat ia mengajar, lalu mulai dipromosikan oleh peserta didik. Dengan kata lain berawal dari mulut ke mulut dan juga melalui brosur yang dibagikan dan ditempel di berbagai tempat. Seiring berjalannya waktu, sekarang planet course mulai ingin mempromosikan lewat dunia maya alias internet. Namun masih dalam masa pemrosesan.
E. Inovasi
Mengenai inovasi membutuhkan kreatifitas yang tinggi, dan komitmen yang kuat untuk menjalankan inovasi tersebuthingga berhasil. Inilah inovasi-inovasi yang dilakukan Planet english untuk memajukan dan mengembangkanpeluang bisnis yang menguntungkan, seperti diskusi dari para dosen, bekerja sama dengan sekolah-sekolah dan jugabekerja sama dengan pengajar yang ada di Pare. Mengingat syahrul khoiri pernah menimba ilmu disana.
Diharapkan inovasi yang belum banyak ini dapat membantu pengguna jasa dalam menyelesaikan sedikit masalah dalam mencari lembaga kursus yang baik. Seperti yang diharapkan di Planet English course.

F. Keunggulan dan Kelemahan

Berikut keunggulan yang di miliki Planet English Course :
1. Tanpa uang pendaftaran.
2. Kelas Grammer yang di lengkapi tutorial di mana semua yang telah di pelajari di kelas, akan di ulang kembali pada malam pertemuan selanjutnya.
3. Out door dengan tujuan memberi kebebasa peserta didik dalam hal posisi tubuh dan memberikan nuansa alami.
4. Kondisi kelas yang menyenangkan.
5. Kantong bersahabat.
6. Maximal 12 orang perkelas.
7. Penyampaian yang kondisional.
8. Sertifikat bagi yang telah di nyatakan lulus.

Berikut kelemahan yang di miliki Planet English Course :
1. Tenaga pengajar sedikit.
2. Belum banyak di kenal masyarakat.
3. Tempat tidak terlalu strategis.
4. Belum terakgretasi.
5. Promosi kurang.
6. Kualitas pengajar yang belum teruji.

G. Strategi Persaingan

Usaha yang baru di rintis tidak mungkin serta merta dalam waktu singkat akan sukses, di butuhkan kejelian dalam mengambil peluang-peluang yang belum ada di pesaing bisnis. Di setiap bisnis apapun bentuknya pasti ada pesaing, oleh karena itu berikut strategi persaingan yang di lakukan oleh Planet English Course :
1. Selalu melakukan evaluasi pengajaran di mana kira-kira yang kurang.
2. Mendatangkan pengajar dari Pare untuk meningkatkan kwalitas.
3. Mencoba melakukan promosi yang menarik agar di lirik walaupun masih dalam proses.
4. Rujukan pembelajaran dari Pare.
5. Memberikan yang terbaik untuk peserta didik.
6. Selalu berinovasi.











BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN

Planet English Course didirikan seorang dosen di salah satu perguruan tinggi di Jambi yang bernama Syahrul Khairi. Didirikan pada tanggal 1 Juni 2011 yang berlikasi di Sungai Kambang.

Walaupun tempat kursus tersebut terbilang baru namun sudah dapat memberikan materi pengajaran yang tidak kalah saing dengan tempat kursus yang lebih dulu ada di Jambi, dengan program-program yang di tawarkan di rasa sudah mampu menunjukkan sedikit kwalitasnya. Inovasi yang di lakukanpun di yakini mampu bertahan di era globalisasi ini, dengan biaya yang relatif bersahabat sudah tentu menjadi pertimbangan untuk di pilih . Bagaimana tidak, di hidup yang serba mahal ada tempat kursus yang menawarkan murah namun berkwalitas yang tidak kalah saing.

Keunggulan yang tampak memang belum banyak tapi itu adalah acuan bagi Planet English Course untuk menambah keunggulan-keunggulan yang lainnya, selain itu juga strategi persaingan sangatlh penting untuk kemajuan suatu bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar